Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Oleh: SINIDONG Kamis, 18 April 2013 0 komentar
Manfaat Wudhu Sebelum Tidur - Berikut ini adalah informasi mengenai Manfaat Wudhu Sebelum Tidur yang pastinya sudah ditunggu-tunggu sobat sinidong semuanya.

Berwudu mempunyai manfaat yang sangat besar. Bahkan ulama fikih menjelaskan hikmah wudhu sebagai sebagian dari usaha untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu ‘) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun nescaya Malaikat itu akan berucap’ Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci , “(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur


Tentu saja setiap perintah Allah SWT itu mempunyai hikmah kebaikan dibaliknya. Dalam sekali aktivitas berwudhu, lima pancaindera terkena semua tanpa terkecuali disapu oleh air wudhu. Mata, hidung, telinga & seluruh kulit tubuh. Ini sangat luar biasa!. Muhammad Kamil Abd Al-Shomad, memetik sumber dari Al-I’jaz Al-Ilmiy fi Al-Islam wa Al-Sunnah AlNabawiyah, menjelaskan bahawa manfaat semua hal yang diperintahkan dalam wudhu sangatlah besar bagi tubuh manusia. Mulai dari membasuh tangan dan menyela-nyela jari, berkumur-kumur, memasukkan air ke dalam lubang hidung, membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai siku, mengusap kepala, membasuh telinga, hingga membasuh kaki hingga mata kaki.

Lalu, bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum tidur? Nah, para pakar kesehatan di dunia sentiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki dan sikat gigi juga membersihkan muka sebelum tidur. Bahkan, sejumlah pakar kecantikan menjadikan sebagai alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka.

Sekian informasi mengenai Manfaat Wudhu Sebelum Tidur. Semoga bermanfaat buat kita semua.