Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013

Oleh: SINIDONG Jumat, 08 Maret 2013 0 komentar
Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013 - Berikut ini adalah informasi mengenai Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013 terbaru.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2013 merupakan sistem seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Peserta tidak dipungut biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 karena ditanggung oleh Pemerintah.

SNMPTN 2013

Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013


Pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilakukan secara online. Hanya sekarang ada ketentuan baru yang mengharuskan siswa melakukan dua tahap cara mengikuti SNMPTN 2013 yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.

Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
PDSS merupakan syarat utama agar seorang siswa menengah atas dapat mendaftarkan diri dan melanjutkan pendidikan ke  Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pasalnya jika rekam akademik siswa tak terdaftar dalam PDSS, maka siswa tersebut tak berhak mengikuti SNMPTN.

PDSS dibuat dan diisi data prestasi siswa oleh Kepala Sekolah dan sekolah wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selanjutnya, setelah mengisi PDSS, kepala sekolah akan memberikan password tiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik. Verifikasi ini juga wajib dilakukan siswa untuk memeriksa apakah data rekam jejak prestasi akademik yang dimasukkan sekolah sudah sesuai.

Jika PDSS belum diisi, siswa tidak bisa dapat password untuk mendaftar dan tidak dapat nomor pendaftaran. Pengisian PDSS yang telah dibuka sejak Desember tahun lalu ini akan segera ditutup pada 8 Februari mendatang.

Pendaftaran SNMPTN 2013
Bagi para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  atau yang sederajat, sudah dapat dilakukan secara online mulai 1 Februari 2013 sampai dengan 8 Maret 2013. Bagi yang berniat mendaftar SNMPTN 2013 sudah bisa secara online dengan memasukkan NISN dan password yang akan diberikan oleh sekolah setelah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika sudah dapat password dan NISN, silakan saja mendaftar dan mencetak kartu peserta SNMPTN di situs resmi: http://www.snmptn.ac.id

Para calon peserta SNMPTN 2013 dapat memilih satu program studi dari universitas negeri mana saja yang diminati. Jika ingin memilih dua program studi maka salah satu Perguruan Tinggi harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal atau dari provinsi terdekat jika belum terdapat universitas negeri pada provinsi asal. Urutan pilihan Perguruan Tinggi dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jadwal SNMPTN Tahun 2013

Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013

Sekian info mengenai Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013. Semoga bermanfaat.